Distraksi

Semenjak pandemic ini sangat banyak waktu luang, bahkan terlalu banyak hingga kadang satu hari berjalan begitu saja. Kadang merasa di keleluasaan waktu yang ada ini harusnya berproduktif atau berprogress apapun itu. Belajar ilmu agama lagi walau cuma via video dakwah, Quality time bersama keluarga yang harus makin dinikmati misalnya, atau buat konten untuk channel youtube dan podcast, bisa juga nulis di blog, membaca bacaan, dengerin podcast atau nonton vlog2 yang berfaedah, upgrade ilmu ataupun sekedar main game dan nonton film yang jelas mengentertain diri.

Lalu ngapain aja? Rebahan doang? Gk dong!  Semuanya hal saya lakuin. Bahkan kayaknya terlalu banyak hal yg ingin dilakuin malah jadi gak fokus dan juga banyak distraksi. Ada beberapa yang bisa saya kerjain untuk berproduktif walau Cuma #dirumahaja sebenarnya tapi kalau sudah terdistraksi malah jadi gak berfaedah. Distraksi sama apa? gadget? Salah satunya. Karena nge-slide2 dan swipe2 ig tu bener bener abisin waktu gk jelas. Setan! Tapi distraksi yg saya rasakan skrg sih kesulitan untuk bisa fokus di sesuatu hal yang sedang saya lakuin.

Misal mau ngetik bikin tulisan untuk blog, dari awal pandemic ini udah mau di mulai tp gk jadi mulai terus , lalu sekalinya dimulai, pas lagi mentok cari kosakata atau browsing istilah eh malah googling sana sini dan jadi gak jelas. Kadang juga ketika lagi ngedesain gambar, stuck dan coba browsing untuk cari referensi, malah fokus browsing satu hal yang jauh dari fokus utama ngedesainnya, jadi lupa deh lagi ngedesain..

Kadang kalau udah terdistraksi dan ngerasa waktu  dan moodnya udah gk pas jadinya langsung beralih ke entertain aja deh.  Cobain dengerin music sambil baca liriknya, eh malah ganti ganti lagunya cari2 album lainnya, musik2 sejenis dan habis lagi waktunya. Oke ganti!, Skip nonton aja deh, cari satu genre, cari top 10 yang bags dari genre tsb, coba nonton trailler2nya, berakhir dengan abisin waktu nonton2 trailer film, damn! Ganti deh kita main game aja sekarang, pas main game, mentok nih di satu level, cari trainer (cheat) biar lbh gampang, ternyata trainernya susah di donlot, jadinya malah browsing sana sini nyari trainer yang pas dengan versi game nya, lalu? Gagal maning main game nya!! Sialan selalu terdistraksi! Apapun hal yg saya lakuin, baik itu berproduktif atau cuma sekedar kegiatan hiburan selalu saja hilang fokus.. Sialan!

Bahkan ketika membuat tulisan ini pun saya terdistraksi dan tenggelam mencari sumber2 informasi yang malah berakhir jadi berkutat dengan mencari sumber nya sampe ketemu dulu.

Pernah nonton video diatas? Ya kurang lebih “infinite browsing mode” itu salah satu yang sering mendistraksi saya ketika sedang berproduktif atau bahkan ketika sedang menikmati hiburan. Kebanyakan opsi juga memusingkan ternyataaaa, Tapi hal yang sangat mendistraksi saya sekarang adalah mindset saya tentang waktu yang makin terasa sempit dikeleluasaan waktu yang ada sekarang, ironis emang. Yang bikin saya pengen ngelakuin semua hal di satu waktu  secara simultan.

Semoga dengan memulai tulisan ini lagi, bisa breaking that bad habit, ya jadi starter yang baik. Belajar lebih fokus lagi. Semoga saya bisa mulai menata lagi, menjadwal dan mengadaptasi diri dengan kondisi waktu yang terasa makin absurd ini.  

Video jendral tersebut bener bgt loh, dah pernah coba? Ya bikin task2 kecil sedari bangun tidur dan selesain list satu persatu itu bikin lebih greget jalanin hari loh. Enaknya ada masukin jadwal olahrga juga sih, tapi nanti deh setelah selesai shaum ramadhannya.

Okey lets see, apakah besok akan ada postingan tulisan baru.. hehe

*btw saya baru ngeh sekarang ternyata 2 video yang saya embed diatas berasal dari sumber yang sama. Langsung auto subscribe YT channelnya..