Gladiator X Krisisidentitas Split E.P

Ini bukan karya rilisan pertama yang saya bersama dengan Gladiator keluarkan. Sebelumnya saya pernah mengeluarkan demo berisi 2 lagu yang kualitas rekamannya pas2an, dari aransemen musik dan musiknya secara keseluruhanpun masih sangat terasa mencari-cari alias masih belajar. Demo ini di perbanyak kurang lebih 20-30 copy saja, saya berikan gratis kalau saya sedang menghadiri sebuah gigs musik ketika itu.
Setelah membuat demo tersebut, saya bersama Gladiator memutuskan untuk membuat E.P dengan beberapa materi yang sudah sering kita bawakan ketika manggung. Semua rekaman di lakukan di Funhouse Studio di Cicaheum, Bandung. hasilnya tidak di mixing karena memang tidak ada budget lagi dan kualitasnya lumayan layak dengar walau hanya sampai tahap balancing. Karakter musik sudah lumayan terbentuk menurut saya di e.p ini.
Ketika itu tahun sekitar tahun 2007an, Platform media sosial yang sangat hype diantara pemusik adalah Myspace. Di Myspace lah saya berkenalan dengan band punk yang kurang lebih seangkatan dengan kami, Krisisidentitas atau disingkat KxIx. Akhirnya setelah berkomunikasi beberapa kali via Myspace yang berlanjut chat di Yahoo Messanger kami menjadi teman baik. Sebenarnya secara personal hanya saya dan ketiga member KxIx yang sering chat via YM, lalu akhirnya kita semua kopdar, nge-jam bareng, dan akhirnya memutuskan untuk buat Split E.P.
E.P ini di produksi masing-masing band nya, Saya sendiri membuat sekitar 100-150 copy kalau tidak salah. dititip jual di beberapa distribusi lapakan punk yang saya kenal, dan banyaknya di bagikan atau barter dengan rilisan lain band lain ketika bertemu di gigs.

Perang

Egois dalam diri takkan terhapuskan
Bantai semua musuh penghadang jalan
persetan dengan semua sumpah perdamaian
perang takkan mungkin terelakan

bunuh bunuh bunuh!
bunuh semua
bunuh bunuh bunuh!
hancurkan dunia

 *lagu tentang pesimisme akan perdamaian dunia, dulu pas nulis liriknya terinspirasi oleh lagunya Cro-Mags yang world peace. ini salah satu lirik favorit yang pernah saya buat.

Manusia penguasa

menggali pundi pundi tiada henti
gapai dunia mu raih impian
keserakahan butakan hati
lahap semua hasil bumi

manusia penguasa
kendali penuh rotasi dunia
manusia penguasa
injak kami para manusia

*standar issue lagu lagu punk talk about diktator, jahat kayak musuh superhero pingin nguasai dunia. kita lawan pake lagu soalnya gk punya superpower.. apalah..

Fight with Pride

Burn your spirit
trust your power
never give up
no matter the result
never cheat the battle
fight with pride

fight!
pride!
give your blood!

 *kyknya bikin lagu ini cuma biar punya slogan yang bagus kalo nanti bkin merchandise kaos Gladiator, judul di bawahnya bisa ditulis “Fight with Pride” ps:sampe sekarang gak ada kaos yang berjudul fight with pride.. terdengar culun.. lagu ini juga gak pernah dibawain lagi..

Never Grow Up

Do what you wanna do
age cant hold you
born to be young
and never old
forever bad
forever blind

never grow up
say no to old
still young
still strong

 *di E.P ini emg saya cari inspirasi lirik dari issue2 standard yang suka diangkat jadi lirik musik2 punk.. yang ini tentang tetap muda dan menolak tua, tapi liriknya norak!

Frustrasi

Frustrasi! segala bentuk problema hantam kepala
Berlari! terus berlari dari realita yang ada
solusi tak ubah kondisi tetap Stagnasi!
Stagnasi!
Frustasi!

Mati!

 *Lagu galau ketika stagnan ama hidup, musiknya sounds like bandung 90s hardcore..  Oiya lagu ini ada di kompilasi V/A Bandung Burnings Vol.2

Dewan dewan Kotor
Lirik oleh : Gagah Gumelar

ini pekerjaan dewan dewan kotor?
datang – diuk – sare – balik kaimah mawa duit
duit saha?

duit rakyat anjing!

apa pekerjaan dewan dewan kotor?
datang – diuk – sare – balik kaimah mawa duit
duit saha?

duit rakyat anjing!

 *ini lagu ke 4 yang dibuat oleh gladiator waktu itu klo gk salah.. Musik & Lirik yang simple tapi bisa dibilang lagu ini lagu kojo dan pamungkasnya Gladiator di setiap panggung.