Holder Smartphone Custom-Made untuk Mengetik dari 3D Print

Semenjak passion menulis saya mulai di seriusin, sekitar satu bulan lalu saya beli lagi Blackberry Gemini (curve 8520) nemu di olx harganya cuma 100rb di tawar jadi 80rb langsung saya beli walapupun kondisinya batangan. Kenapa beli BB Gemini? buat ngetik, karena kebetulan saya gk punya laptop walaupun sebenarnya punya PC, tapi gak punya portable device untuk mengetik.  Nah  dulu pas pada jamannya pake BB, qwerty keypad itu enak banget dipake untuk mengetik, bahkan awal pindah ke android pun sangat susah beradaptasi untuk ngetik pake touchscreen, sampe sampe dulu ngetik pake touchscreen pertama kali gak pake mode qwerty, pake nya mode multi tap seperti di hp candy bar.
Seminggu pake BB Gemini kerasa tuh cukup produktif, at least buat nulis jurnal harian alias diary tuh cukup rutin tiap malem. Ya karena kelebihan ngetik pake hp adalah bisa sambil tidur-tiduran. BB Gemini ini udah terlalu tua, dah gk bisa aktif lagi push emailnya, dan aplikasi third party juga udah gak bisa di pake lagi, jadi cuma pakai notes aja, kalau udah selesai, di copy tulisannya, buka browser dan simpen di draft email, dan tentunya jaringannya pake wifi, atau sekedar hotspot tethering dari hp android.
Kenapa gk ngetik pake android? Sebenernya ngetik pake android jg cukup proper tapi kendalanya, layarnya setengah sudah terpotong oleh tampilan keyboard kan?
Kebetulan saya punya keyboard wireless, konektifitasnya pake bluetooth. Keyboard bluetooth ini gak ada dongle bawaannya, jadi kalau mau pake untuk pc berarti harus punya bluetooth dongle sendiri. Dulu beli keyboard ini kan second, ketika cod dengan sellernya dan tes keyboardnya dengan menghubungkan dengan smartphone via bluetooth, dicoba ngetik di notes semua huruf. Kemaren coba iseng ngetik pake smartphone dengan keyboard terkoneksi bluetooth ini ternyata eh nyaman dan cepat. Tapi Hape dan keyboard terpisah memakai docker.
Saya coba terus ngetik pake device ini, eh enak juga. Apalagi kalau ngetiknya di Google Docs yang otomatis ke save dan bisa buka di device manapapun nantinya. Lalu saya cobain juga mengkoneksikan mouse dengan otg port, ternyata lebih memaksimalkan kinerja mengetik lagi, karena kadang untuk menggerakan kursor dengan layar sentuh tidak semudah dan secepat dengan mouse. Rasanya seperti mouse itu analog, dan touch screen itu terlalu digital. Tapi feature mouse ini rasanya tidak terlalu penting.
Saya sempat pikir, kayaknya kalau docker ini nempel di keyboard enak deh. Dan saya juga pernah liat ada Keyboard wireless sejenis yang ada semacam ruang untuk menyimpan tablet / smartphone. Namun harganya cukup mahal, dan saya pun kebetulan sudah punya keyboard wireless, jadi ngapain beli baru?
Coba deh siapa tau di marketplace dah ada yg jual semacam docker yang dapat menyatukan smartphone langsung dengan keyboard wireless. Atau minimal yang bentuknya mendekati dan dapat di modifikasi nantinya. Ternyata tidak ada. Tentu saja, ngapain juga dibuat, toh sudah ada keyboard yang build in dengan slot smartphone/tablet seperti logitech tsb. Dan ya, kayaknya gak akan banyak aja yg beli kalo benda ini di produksi masal. Tapi dengan pencarian yang gigih saya menemukan ini :
Wah ini banget yang saya butuhkan! Ini sih gampang, karena kebetulan teman saya dulu di kantor lama sekarang punya usaha di bidang 3d print service. dan kayaknya juga gak akan mahal biaya produksinya. Saya beri link tersebut kepada teman saya tsb, lalu saya konsultasikan dengannya karena bentuk keyboard saya berbeda dengan bentuk keyboard yang ada di link tersebut, pasti ada beberapa adjusment yang harus di aplikasikan. dan akhirnya :
Saya sangat puas dengan hasil Print 3D nya. Hasilnya Presisi dan sangat Rapih, walaupun banyak adjustmen karena memang desain yang berbeda dengan file aslinya. Holdernya terasa mengunci si Keyboard, bahkan untuk dipakai sambil disimpan di paha pun masi cukup nyaman walau tidak stabil kalau dibanding disimpan di atas meja. Untuk saya yang tidak punya skill software 3d, apalagi ingin mengaplikasikannya untuk jadi benda yang berfungsi kayaknya gak akan bisa terealisasikan kalaupun punya mesin 3D Print nya dirumah. Untung teman saya bisa bantu dan sangat solutif memberikan ide untuk adjustment produk saya agar bisa di pergunakan. Thanks banget Rapidpro, sekarang saya punya device khusus untuk mengetik, yang bisa di bilang device yang sudah ada tp di maksimalkan lagi fungsi nya.
kalau  mau tau lebih banyak tentang 3d print boleh banget kunjungin mereka di  :

website :  www.rapidpro.co.id
📞 WA 0821-2659-7267
Yakin deh harganya paling terjangkau dibanding 3D Print service lainnya di Bandung, dan pelayanannya yang baik dan solutif bakal bantu kita maksimalin ide 3D yang mentok digimanain biar bisa di realisasikan buat kita yang cukup awam dengan 3D Print.